Cheer Boy!! - Asai Ryo

desain cover: Bambang 'bambi' Gunawan


Judul Buku: Cheer Boy!!
Penulis: Asai Ryo (Penerjemah: Faira Ammadea;Penyunting: Tia Widiana;Proofreader: Dini Novita Sari)
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2013 (cetakan I)
Jumlah Halaman: 428 halaman
Sinopsis Cover
"Cheerleader…. Biasanya cewek yang melakukannya, kan?” Haruki cedera. Cowok itu menggunakan cederanya sebagai alasan untuk berhenti dari Judo karena menyadari batas kemampuannya. Padahal Haruki lahir dalam keluarga pejudo dan kakak perempuannya selalu jadi pemenang dalam setiap kejuaraan Judo. Kazuma, teman sepermainan Haruki tiba-tiba ikut berhenti Judo dan menyarankan hal gila. Mereka akan membentuk tim cheerleading cowok!! Padahal, olah raga itu kan olah raga cewek! Tapi, saat anggota berhasil mereka kumpulkan, ternyata mereka adalah cowok-cowok dengan masalah masing-masing. Saat masalah itu saling berbenturan, akankah cheerleading bisa membuat mereka tetap bersatu? Akankah cheerleading bisa menyelesaikan semua masalah?


REVIEW:
Saat Haruki cedera akibat salah satu pertandingan judo yang ia ikuti, Haruki akhirnya memutuskan untuk benar-benar berhenti dari dunia judo. Hidup di keluarga penjudo, dimana memiliki kakak perempuan yang memiliki kemampuan yang melebihi dirinya di bidang judo, membuat Haruki sadar bahwa selama ini, dia berada dibayang-bayang kakak perempuannya itu, Haruko.

Kazuma, teman Haruki sejak kecil, ikut berhenti dari judo. Hal ini tentu membuat Haruki heran, yang malah ditangggapi Kazuma dengan mengajak Haruki untuk membuat tim cheerleading, yang semua berisikan cowok!

Maka, dimulailah kisah mereka didunia cheerleading, mulai dari mencari anggota, mempelajari gerakan dasar cheerleading, tak lupa juga mereka ikut berkutat dengan masalah kehidupan pribadi mereka...

Bagaimanakah kelanjutan kisah mereka? Ikuti kisah mereka di Cheer Boy!!


"Cheerleader adalah sosok yang mendukung seseorang dengan senyum, tak peduli penonton atau atlet. Cheerleader adalah orang yang takkan menyia-nyiakan kesempatan untuk berusaha lagi." (halaman 57)

Tokoh-tokoh
Sumber: Facebook Penerbit Haru
OPINION:
Novel ini merupakan novel terjemahan Jepang pertama yang saya baca dari Penerbit Haru.

Saat memulai membuka novel ini, saya disuguhi dengan kamus cheerleading yang berisi istilah-istilah dan teknik untuk Cheerleading. Yang tak disangka, cukup rumit dan banyak! Untuk beberapa pose, untunglah terdapat gambar sehingga memudahkan pembayangan, namun mulai pertengahan cerita, sayangnya, saya kesulitan untuk membanyangkan pose-pose cheerleading yang mereka praktekkan.

Ceritanya sendiri menurut saya unik, namun saya kurang menikmati tema olahraga dan persahabatan ini secara umum. Mungkin karena kurangnya unsur romance-nya, membuat novel ini terasa sedikit hambar bagi saya. Pertambahan karakter setelah setengah novel juga bikin saya agak kagok, seperti "ini karakter yang mana ya?" membuat saya harus balik ke halaman sebelumnya yang berisi penjelasan.

Selain dari itu, bahasa dan terjemahannya sendiri bagus dan enak dibaca. Untuk beberapa istilah Jepang terdapat penjelasan di bagian bawah dan panggian seperti -chan dan -san, masih dipakai sehingga novel ini tidak kekurangan unsur Jepang. Saya sangat mengikuti alur-alur yang ada karena penggunaan bahasa yang lancar dan enak dibaca. Rasanya tidak kaku dan monoton membaca novel ini.

Satu hal menarik dari novel ini adalah banyaknya quote-quote dari tokoh-tokoh terkenal yang dimasukan pada setiap cerita oleh si Mizoguchi. Membuat saya menghabiskan banyak penanda di novel ini.. Hahaha.. Novel ini sendiri sarat akan makna dan pelajaran kehidupan, bagus sekali buat dibaca.

Sulit menentukan tokoh favorit di novel ini, melihat banyaknya tokoh yang ada. Dapatkah saya mengatakan tokoh favorit saya adalah pemilik cafe Himawari? Hahahaha...


4 balon untuk novel ini

Cheers!
*Review ini diikutsertakan pada New Author Reading Challenge 2014

OOT:
Bicara tentang cafe Himawari, saya sempet ngiler dengan makanan-makanannya :p

Comments

Popular posts from this blog

100 Jam - Amalia Suryani dan Andryan Suhari

Luna - Julie Anne Peters

Loves in Insa-Dong - Indah Hanaco