Pages

Thursday, March 31, 2016

Sepotong Senja untuk Pacarku - Seno Gumira Ajidarma


Judul Buku: Sepotong Senja untuk Pacarku
Penulis: Seno Gumira Ajidarma
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Februari 2016 (cetakan pertama cover baru)
Jumlah halaman: 208 halaman


Saya pertama kali tertarik membaca kumcer ini, setelah jujur saja, melihat gambar Dian Sastro memegang novel ini dan terlihat membacakannya. Jujur (lagi) saya sempat saja mengira novel ini ada kaitannya dengan AADC 2. Hahaha. Selidik dan selidik, ternyata novel ini merupakan penerbitan lagi dari cetakan tahun 1991, dengan tambahan 3 cerpen lagi. Dian Sastro yang ada di foto adalah salah satu dari orang yang membacakan beberapa bagian dari cerpen ini.

Novel ini, seperti judulnya, adalah tidak lain dan tidak bukan adalah mengenai senja. Ada 3 bagian dari novel ini yang membagi 16 judulnya.

Pertama, ada Trilogi Alina. Mungkin bagian ini yang paling saya suka. Pada bagian ini ada 3 cerpen yang mewakili 3 sudut pandang yang berbeda. Ada Sukab, pemuda yang cinta mati pada Alina dan akhirnya memotongkan senja yang paling indah dan ia kirimkan ke Alina, dan kemudian ada Alina, dan Tukang Pos pengantar senja. 

Kedua, ada Peselancar Agung. Pada bagian ini ada 10 cerpen yang terlihat berbeda, tapi tentu saja masih terkait dengan senja. Latarnya hampir menampilkan tempat yang sama, yakni kota dimana pelangi tidak pernah memudar, yang memiliki beragam kisah berbeda. Untuk bagian ini, saya memilih Kunang-Kunang Mandarin yang misterius, Ikan Paus Merah yang mengandung rasa pilu, serta Anak-Anak Senja.

Ketiga, ada Atas Nama Senja. Ada 3 cerpen yang merupakan penambahan dari edisi yang sebelumnya. Dari setiap awal cerpen, ada teks bahasa Melayu tempo dulu yang ditulis oleh Eddy Suhardy yang makin mempercantik buku ini.

Ini mungkin saja pertama kalinya saya membaca sastra secara penuh perhatian. Pelajaran jaman saya, tidak begitu mengharuskan anak didiknya untuk mengenal sastra. Bahkan dulu ketika ada tugas membaca puisi lama, saya sempat menganggapnya merepotkan karena susahnya mencari puisi yang ditugaskan. Belakangan, ketika SMA ini, saya mulai terasa terpanggil untuk membaca sastra. 

Review ini tidak akan bisa sempurna karena saya masih nol dan baru. Tapi setelah membaca buku ini, saya merasa menjadi ingin membaca sastra lebih banyak lagi. Jalan ceritanya unik (beberapa jujur, membuat saya kebingungan sendiri) dan agak tidak bisa diterima akal sehat serta bahasanya yang indah membuat saya ingin lebih mencoba membaca sastra Indonesia lagi.

Pada novel ini, semua akan kamu temui tentang senja. Saya suka senja. Tapi setelah membaca novel ini saya jadi lebih memikirkannya. Saya lebih suka senja.

Berikut saya menemukan video Pak Seno tentang novel ini :) 


Post ini diikutsertakan dalan event Posting Bareng BBI bulan Maret 2016. Event kali ini menyenangkan karena kita diminta untuk me-tweet perkembangan membaca novel yang kita pilih untuk dibaca pada bulan Maret.
Berikut tweet saya:
Cuma satu kali sayangnya ;p Lagi sok sibuk dengan ujian akhir xD Semoga di posting bareng berikutnya saya makin rajin ya...
Posting lainnya bisa baca dengan klik gambar ini dan akan ada link-link posting BBI Maret :D
http://www.blogbukuindonesia.com/2016/03/event-rekap-posting-bareng-maret-dan.html 

4 bintang untuk senja.


8 comments:

  1. Kata seorang teman yang baca buku ini, dia kekenyangan senja. Kalau kamu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyang banget Kak x"D untung saya suka senja sih hahaha

      Delete
  2. senjaaa... topik favoritnya Seno ya kayaknya... aku belum pernah baca buku2nya dia nih... hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. Kalau gak salah dia memang pernah tulis bahwa dia selalu suka sama senja, walau hingga kini dia belum tulis lagi hal tentang senja

      Delete
  3. Bulan kemarin mau baca ini, tapi sudah telanjur baca yang versi di dunia maya. Trus juga harganya lumayan mahal untuk buku setipis itu, mungkin mahal di amplopnya kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan mahal sih.. Tapi beruntungnya saya dapet yang murahnya, Kak ;)
      Gimana Kak? suka dengan senja?

      Delete
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  5. Dapatkan penghasilan tambahan dari website atau blog Anda dengan bergabung dengan Pemasaran Afiliasi dari salah satu toko buku online Indonesia.
    Dengan mereferensikan pengunjung website/blog Anda ke Belbuk.com melalui klik pada link afiliasi, dan apabila pengunjung tersebut berbelanja buku di website kami, maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan sebesar 5% dari dari total pembelian. Tidak hanya itu, anda akan mendapatkan komisi secara terus-menerus dalam setiap pembelanjaannya, selama pelanggan tersebut mengakses dari komputer yang menyimpan cookie yang telah mengandung kode afiliasi Anda.

    Bergabung sekarang juga: http://www.belbuk.com/afiliasi

    Terimakasih.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...