The Jungle Book - Rudyard Kipling

The Jungle Book 
Judul Buku: The Jungle Book
Penulis: Rudyard Kipling
Penerbit: Atria
Tahun Terbit: 2011, September (cetakan ke-1)
Jumlah Halaman: 240 halaman
Rate Saya: 3,5 / 5 stars

Bukit Batuan gempar! Mama dan Papa Serigala mengajukan seorang anak manusia untuk diasuh oleh mereka. Meskipun dengan berbagai pertentangan, Akela sang Pemimpin Serigala mengizinkannya, dengan jaminan sebuah lembu dari Bagheera, sang Macan Kumbang Hitam, dan pembelaan si Beruang Hitam Baloo, guru dari semua anak-anak serigala.

Namun Shere Khan, si Harimau Pincang tidak setuju karena anak manusia itu adalah buruannya. Itulah sebabnya, Mowgli si Katak, nama anak manusia itu, harus terus belajar agar ia berhasil bertahan hidup dan mengalahkan Shere Khan.

Tetapi, saat sebagian besar kawanan serigala mengusirnya, dapatkah Mowgli bertahan sendirian?


Total ada 11 bab di novel ini. Dimana 5 bab awal adalah kisah tentang Mowgli, si anak manusia yang diincar oleh Shere Khan, si harimau pincang. Namun akhirnya, Mowgli malah dilindungi dan diasuh oleh Mama dan Papa Serigala sebagai anak mereka.
Meski di pertemuan kawanan serigala, Mowgli sempat ditentang, dengan sedikit nasihat dari Baloo, si beruang hitam (guru serigala-serigala muda) dan tebusan lembu dari Bagheera, sang macan kumbang hitam, Mowgli pun diterima dan diasuh sebagai bagian dari Kaum yang Bebas, kaum serigala. Meskipun begitu, Mowgli tetap mendapat nasihat oleh kedua gurunya: Baloo dan Bagheera, bahwa Shere Khan masih mengintainya dan Mowgli masih harus banyak belajar mengenai Rimba....

Selain kisah Mowgli diatas, masih ada lagi kisah fabel lainnya: Anjing Laut Putih, Lukannon, Rikki-Tikki-Tavi, dan Toomai sang Penakhluk Gajah, yang mengajarkan banyak hal, mulai dari kegigihan, persahabatan, dan nilai lain di dunia.

Pict belongs to Disney, edited by me
Pertama-tama, saya ingin mengakui bahwa saya merupakan tipe orang yang kurang menyukai fabel. Yup, semacam ada penolakan dari diri saya untuk membaca kisah fabel. Setelah sekian lama, saya akhirnya mencoba untuk membuka diri dan membaca The Jungle Book ini.

Dalam bayangan saya, buku ini bukanlah merupakan sebuah kumpulan cerita, dan ini membuat saya melongo parah ketika membaca kisah ending Mowgli. Saya sendiri tidak bisa membandingkan dengan film yang dibuat disney karena saya tidak pernah menontonnya secara full (///-///)

Dari semua kisah dari buku ini, saya paling menyukai kisah Rikki-Tikki-Tavi yang cukup menegangkan.. (Setelah saya search ternyata ada animasinya di youtube)

Isi terjemahannya sendiri bagus, dan saya dapat mengikuti keseluruhan cerita dengan baik dan lancar. Covernya juga bagus dan menarik, untuk ilustrasi isi akan lebih baik dan menarik bila setiap kisah yang berbeda dibuat gambar hewan yang berbeda.

Overall, it was a great book. Dengan berbagai karakter disini, kita diajar akan kehidupan yang menyenangkan, tapi tak lupa penuh kekejaman dan tantangan.

1 kata untuk buku ini: rimba

OL

*Review ini diikutsertakan untuk New Authors Reading Challenge 2014

Comments

Popular posts from this blog

100 Jam - Amalia Suryani dan Andryan Suhari

Luna - Julie Anne Peters

Loves in Insa-Dong - Indah Hanaco