Pages

Friday, January 31, 2014

Eleanor & Park - Rainbow Rowell


Judul Buku: Eleanor & Park
Penulis: Rainbow Rowell
Penerbit: Phoenix Publishing Project (Ufuk)
Tahun Terbit: 2013, November (cetakan pertama)
Jumlah halaman: 422 halaman
Rate dari saya: 4/5 stars
Sinopsis cover:

Eleanor itu gendut. Dirinya pun berpikir dia begitu... Sebenarnya dia tidak segendut yang dipikirkannya. Pikirnya, pasti aku tidak semenjijikan itu.

Bono, vokalis U2, bertemu dengan istrinya di SMA, kata Park. 

Begitu pula Jerry Lee Lewis, jawab Eleanor. 

Aku tidak bercanda, Park meyakinkan. 

Tentu, Eleanor menambahkan, kita ini 16 tahun. 

Bagaimana dengan Romeo dan Juliet? 

Dangkal, bingung, lalu mati. 

Aku mencintaimu, Park mengatakan. 

Karena itulah..., jawab Eleanor. 

Aku tidak bercanda, katanya. 

Kamu memang tidak boleh becanda....

Park- merupakan seorang siswa yang memiliki campuran Asia (tepatnya Korea) dari sang Ibu, yang membuatnya merasa berbeda dari murid lainnya. Membuat Park terjebak dalam kehidupan sekolahnya yang menjemuhkan. Hingga pada suatu pagi, pada bus sekolah tempat ia biasa melakukan transportasi ke sekolahnya, kedatangan satu gadis baru. Seorang gadis yang besar dan aneh, dengan rambut yang juga aneh, merah terang dan keriting, serta berpakaian sama anehnya- begitu pikir Park.
Sayangnya, tidak adanya tempat duduk lagi yang tersedia, selain tempat duduk Park, membuat Park harus rela berbagi tempat duduk dengan gadis tersebut, membuat kehidupan Park, makin terjebak.

Eleanor- merupakan gadis baru, yang berarti harus menerima segala hal yang sudah memiliki ketetapan di tempat yang baru ditemuinya itu. Ia harus rela berbagi (lebih tepatnya dibagi tempat duduknya) dengan seorang anak Asia. Hal itu belum ada apa-apanya, dibandingkan dengan tatapan anak-anak jahat di bus serta di sekolah barunya itu, serta ejekan anak-anak sekolah barunya. Namun, kehidupan di sekolahnya lebih baik dibandingkan dia harus pulang, dimana dia harus bertemu ibu dan 4 saudara lainnya yang sepertinya sudah tunduk pada sang ayah tiri...

Eleanor dan Park- dua manusia yang dipertemukan dalam bus sekolah, ditengah keharusan yang membuat kedua-duanya kesal. Namun dimulai dari Eleanor yang mencuri pandang pada komik yang dibaca Park di bus, kemudian Park mulai meminjamkan komiknya tersebut, komentar-komentar kecil dilontarkan, hingga Park memberikan kaset berisi kumpulan lagu... Semua terjadi begitu saja, secepat hubungan mereka..

Credits to the owner
Baca kisah Eleanor dan Park selanjutnya di novel ini...

Dapet juga kesempatan untuk baca novel ini :)
Setelah tahu novel ini diterjemahkan, saya langsung penasaran dan mencarinya di toko buku terdekat (sebelumnya cepicut cover aslinya yang gading itu)... Jadi, cekidot opini saya tentang buku ini...

1. Cover
Aaaa.... rasanya saya tidak perlu mengulang banyak review yang telah mengulas cover dari novel terjemahan ini.. Covernya sebetulnya tidak terlalu fail.. Pasti sulit untuk merancang covernya.. Hanya saja.. Yah.. Gambar Eleanor sambil menonjolkan perutnya itu tidak bisa begitu diterima. Begitu juga dengan kepala dan wajah Park yang seperti.. tenggelam dibalik bajunya. Frame judul juga kurang sesuai.. Saya juga kurang suka cover ini dilapisi plastik, tidak sesuai perkiraan.. Tapi, bagi saya, cover ini masih bisa diterima..

2. Cerita
Manis dan rumit. Saya menyukai konsep cerita yang ber-setting vintage tahun 1986. Kisah Eleanor dan Park juga dibuat manis dan tidak dipaksakan. Saya hanya tidak menerima kondisi keluarga masing-masing. Keluarga Park yang harmonis, bertentangan dengan keluarga Eleanor yang broken home. Tapi, cerita novel ini mengandung banyak hal, mulai dari keluarga, persahabatan, dan percintaan. Komplit!
Masih belum jatuh cinta dengan tokoh Park dan kurang suka dengan antiklimaksnya yang rada ironis dan drama, tidak sesuai dengan cerita awal yang sudah oke..
Tapi, suka dengan endingnya yang itu.... Masih penasaran dengan kelanjutannya.. hehehe..
Saya juga suka dengan penggunaan sudut pandang Eleanor dan Park secara bergantian..

3. Terjemahan
Oke... Cerita dapat diikuti dengan baik dan maksimal, meski ada beberapa typo, namun bisa ditolerir.. Font tulisannya juga membuat betah untuk membacanya. Untuk daftar isi buku, rasa tidak perlu dibuat deh.. dan judul dalam fontnya kurang menarik, tapi semua tidak menjadi masalah yang berarti..

Some Quotes:
"Aku tidak dapat menyukaimu, Park" katanya, menyuarakan untuk kali keduanya seakan dia sungguh-sungguh dengan ucapannya. "Aku kira..."-suaranya hampir menghilang- "aku hidup untukmu" (halaman 143) 
Eleanor benar. Dia tidak pernah terlihat cantik. Dia terlihat seperti seni, dan seni tidak harus terlihat cantik, melainkan membuatmu merasakan sesuatu.” (halaman 211)

OL
*Review ini diikutsertakan untuk New Authors Reading Challenge 2014

13 comments:

  1. Buku ini udah diterjemahin ya? Beli di mana? Aku pikir blm masuk Indonesia kecuali kita beli bukunya di toko buku online (paperback atau e-book).

    Covernya, I'm sorry to say, jauh lebih bagus yg dalam versi English, tepatnya yg diterbitkan oleh St. Martin's Griffin atau Alfaguara daripada cover yang ada dalam review kamu :(

    Oh iya, hasil terjemahannya bagaimana? Pernahkah kamu mencoba membandingkan dengan teks aslinya yang berbahasa Inggris?

    Overall, aku pengin baca novel ini. Menurut feelingku, ceritanya ok dan is a must to read. Apalagi di GR ada yg kasih 5 star lho. Perfect :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ratri Puspita: makasih atas komentarnya ya...
      iya, sudah diterjemahkan..untuk cover, memang lebih bagus dan indah versi luar sana.. (saya akui).. *gabisakomentarlagi*
      Terjemahannya baik, cuma ada beberapa typo... saya sendiri sih masih enak untuk bacanya..
      Untuk membandingkan, belum dulu.. budget dan sarananya belum ada... hahaha..
      Yup, novel ini emang patut dimasukin wistlist kamu.. :)

      Delete
  2. penasaran sama buku ini. terbitan ufuk ya, mba? baru tau :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, saya juga baru tau dan langsung pengen beli setelah liat cover aslinya.. :p

      Delete
  3. Untuk beli yg versi indonesia nya dimana ya ada yg tau mohon bantuannya ya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, makasihh udah mampir :)
      untuk beli bisa tanya di toko buku terdekat kamu atau kalau online bisa di
      http://www.bukabuku.com/browses/product/9786027689497/eleanor-park.html atau toko buku online lain :D

      Delete
  4. Aku baca yg bhs inggrisnya agak ga ngerti-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kah? mungkin bisa dicoba baca yang terjamahan biar puas xD

      Delete
  5. Kak, boleh minta pdf eleanor & park nggak? Aku butuh banget buat tugas analisis.

    ReplyDelete
  6. Kak, boleh minta pdf eleanor & park nggak? Aku butuh banget buat tugas analisis.

    ReplyDelete
  7. Kak, boleh minta pdf eleanor & park nggak? Aku butuh banget buat tugas analisis.

    ReplyDelete
  8. Baca online atau bentuk pdf nya ada gak ya sis? Buat tugas kuliah... wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Salah satu buku favorit aku nih, buku ini berhasil ngebuat aku penasaran sama yg ada di ending ituuuuu huhuu (ga mau spoiler)

    Enakan baca versi inggrisnya, baca versi indo-nya agak aneh.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...