Pages

Thursday, May 29, 2014

Benabook - Benazio Rizki (@benakribo)


Judul Buku: Benabook
Penulis: Benazio Rizki (@benakribo)
Penerbit: Bukune
Terbit: Desember 2012 (cetakan pertama)
Jumlah halaman: xii + 284 halaman
Sinopsis Cover:
Di balik pohon, biasanya ada orang sedang pipis, tapi di balik "si pohon kribo" yang ini ada banyak ide. Ya, masa kecil Bena yang kuper, cupu, dan penakut, membuatnya asyik dengan dunia tersendiri: internet, gadget, menulis, dan bermain dengan kucing. Tapi, dari situlah, menjamur ide di dalam kepalanya yang berambut kribo.

Sekarang, setelah dikenal sebagai blogger, pembuat video, dan... "pohon berjalan", Bena berbagi kisah: mulai cerita celana superpendek masa SD yang membuat ia jadi incaran om-om, masa pedekate dengan cewek cakep lewat internet, sampai pengalamannya tampil di depan umum untuk kali pertama.

BenaBook disampaikan dengan gaya khas Bena: santai, penuh permainan, dan ilustrasi yang unik.

REVIEW & OPINION
Saat awal-awal ketika kamu membuka buku ini, kamu akan disuguhi dengan #RoadToBenaBook. Dimulai dari tahun 2007, saat Bang Bena memutuskan membuat blog dan akhirnya dinamakannya benablog.com  (bisa diklik dan dilihat langsung). Sempet lihat blognya tadi, dan blognya emang kece abis, artikelnya gokil-gokil serta lumayan update. Yah, meskipun banyak iklan-iklan, tapi bisa dimaklumi.. Apalagi penataan post-postnya #salahfokus

Oke, balik ke bukunya sendiri, setelah itu, akhirnya Bena pun sempat ditawari untuk membuat blognya menjadi buku. Namun disini Bena akhirnya menanyakan pertanyaan ini: "kalo bisa ngeblog, kenapa harus bikin buku?" (jujur, saya jadi merenung) dan akhirnya Bena pun ketemu jawabannya: dua-duanya sama-sama untuk share tulisan, tapi kalau ingin punya buku, buku dia harus "beda". (Saya suka konsepnya disini..) Singkat kata, jadilah Benabook!

Cara membaca dan bermain Benabook :D 

Di lembar berikut, saya kemudian diajak ke paduan untuk membaca dan bermain Benabook. Yup, tidak hanya diajak membaca, Bang Bena pun menyediakan beberapa games serta kita juga bisa log in di web benabook.com dan mengikuti kuis yang ada (siapa tahu dapat hadiahnya :D) Tapi sayangnya, saya sampai sekarang malas untuk registrasi.. hahaha...

Nah, setelah mempersiapkan "alat-alat" yang ada serta menemukan tempat yang nyaman, saya pun memulai petualangan di dunia Bena. 

Awal novel dikisahkan mengenai awal dari kehidupan Bang Bena sendiri, pengalamannya saat memutuskan naik becak sendirian, masa-masa SD, SMP, tipe-tipe guru menurut Bang Bena, keluarga Bang Bena, kuliah, hingga kisah cinta Bang Bena.. Pokonya buku ini bercerita mengenai kisah hidup Bang Bena.. It's all about Bena! Baca sendiri deh.. hahaha... Bisa bikin kita nyengir, sedih, dan merenung bersamaan!


tipe gurunya Bang Bena
Sampai sekarang, saya masih kurang ngerti ngerjainnya.. Ada yang bisa bantu?

Saya paling demen saat masa Bang Bena SMA, rasanya bisa mencocokan keadaan Bang Bena saat itu dengan keadaan saya sekarang ini..

Semoga semester depan, baju abu-abu di sekolah saya ada lagi :( kangen
Akhir dari buku ini, kita pun diajak untuk melihat dan membuat kisah sukses versi kita. Agak kurang 'greget' menurut saya sebagai penutup kisah Bena, karena suasana ceria jadi agak 'redup'. Meskipun begitu, buku ini menjadi salah satu fovorit saya. Apalagi dengan ilustrasi Oldi (@olderplus) dan Ibod (@ibods), buku ini menjadi sangat hidup dan menarik. Tanpa ilustrasi yang menarik, buku ini gak akan se-gokil buku yang saya pegang.

Good job buat Bang Bena dan seluruh krunya :)

Quote dari benabook
(abaikan jari saya :P)

4 balon buat Bang Bena dan orang dibalik buku ini :)
Cheers!

Posting Bareng BBI bulan Mei 2014: Humor

3 comments:

  1. itu dapet bonus kacamata ala Bena ya? hehe... unik ya bukunya :)

    ReplyDelete
  2. itu pembatasnya kak, tapi bisa dipakai juga kok (meski rapuh karena dari kertas).. hahaha ;D
    makasih udah mampir...

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...