Pages

Sunday, February 10, 2013

Luna - Julie Anne Peters


 Judul Buku: Luna
Penulis: Julie Anne Peters
Alih Bahasa: Dewi Sunarni
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: November 2005 (cetakan ke-2)
My Rating: 4/5
Sinopsis:
Regan sebal banget sama tingkah abangnya. Dia jadi nggak punya privasi karena abangnya selalu memakai kamarnya untuk berdandan, di tengah malam buta, lagi.
Acara dandan itu bisa makan waktu berjam-jam, bikin Regan nggak pernah bisa tidur nyenyak. Ditambah lagi abangnya itu seriiiing banget minta ditemani belanja baju, hampir tiap akhir pekan. Kenapa sih dia nggak bisa belanja sendiri? Regan kan kepingin banget malam mingguan sama Chris, cowok cakep kecengannya di kelas kimia. Tapi mau bagaimana lagi, Luna kan nggak punya siapa-siapa selain dirinya.



  • Chicago Public Library Best of the Best 2004, Books for Great Teens
  • 2005 Stonewall Honor Book, awarded by the GLBTQ Round Table of the American Library Association


  • Novel ini menceritakan kehidupan Regan yang mempunyai abang yang membuatnya pusing tujuh keliling yaitu Liam, yang selalu tidak puas dengan dirinya. Liam merasa bahwa dia adalah seorang perempuan yang terperangkap dalam tubuh laki-laki atau istilahnya dia adalah seorang transgender. Liam bahkan memilih nama ceweknya: Luna.
    "Luna," katanya. "Aku sudah memilih nama Luna." (Liam kepada Regan, hlm 8)
    Meski mengetahui hal ini, Regan tidak membenci abang satu-satunya itu. Regan selalu ada di sisi abangnya yang sedang mengalami pergolakan itu. Regan bahkan mengizinkan abangnya untuk berdandan tiap malam di kamarnya, tentu saja dandan layaknya perempuan, hal ini membuatnya tidak bisa tidur tiap malam. Kehidupan Regan selalu berkutat dengan masalah Liam (Luna). 
    Namun, kehidupan cinta Regan juga tentu ada. Chris, cowok pindahan yang sama-sama masuk kelas kimia I dengannya, yang bahkan menawarkan diri menjadi partnernya. Chris membuat Regan terpana dan merasakan rasa cinta ditengah masalahnya dengan Luna.
    Namun kehidupan tidak mungkin berjalan semulus itu. Ayah Regan dan Liam mulai menuntut agar Liam memasuki tim baseball, hal yang tentu saja tidak disukai Liam dan membuatnya stress. Melihat ini Liam ingin cepat-cepat menjadi sosok baru, sosok Luna... 
    ***
    Halo semua! Review pertama di bulan Februari nich :) Ini novel hasil pinjaman saya di perpus sekolah. Lihat sinopsis cover, kayaknya menarik. Tentang transgender. Membuat saya minjem novel yang udah agak lama ini. Novel yang cukup bagus, tema ceritanya unik, dan cover yang menawan. Endingnya juga tidak gampang ditebak. So, I give 4 stars of  5. 
    Yang membuat saya kecewa, kenapa sosok Liam yang begitu sempurna(setidaknya dimata saya dan Aly, teman masa kecil Liam dan Regan) harus, harus, menjadi seorang transgender????!!!! Setiap lembar, saya selalu berharap agar paling ga Liam sembuh dan jadi normal, but... Baca sendiri ya..
    Overall, novel ini bagus banget. Meskin konfliknya hanya seputar Liam dan keinginannya menjadi Luna. Penyajiannya apik deh! 


    Salam buku,
    OL <3

    No comments:

    Post a Comment

    LinkWithin

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...