Pages

Rabu, 02 Mei 2012

100 Jam - Amalia Suryani dan Andryan Suhari

wkwkwk halo semua! Di posting pertama saya hari ini, saya mau membahas tentang teenlit yang ada di perpus sekolah saya yang berjudul 100 Jam.. Berikut identitas bukunya...
100 Jam

Judul: 100 Jam
Pengarang: Amalia Suryani dan Andryan Suhardi
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Agustus 2007 (udah lama juga ya..O,o)
Juml. Halaman: 232 halaman
Sinopsis belakang buku: 

Siapa bilang lahir pada tanggal 29 Februari adalah kutukan karena berulang tahun lebih sedikit daripada orang lain? Buat Jasmine, tanggal 29 Februari itu ada di setiap tahun---dengan mencoret dan menulis sendiri angka dalam kalendernya.

Tapi... ada satu masalah besar yang harus dijalani Jasmine karena kebandelannya menjelang hari ulang 
tahun yang ia nanti-nantikan. Hukuman 100 jam mengajar di sekolah kolong jalan tol!

Ternyata 100 jam itu mengantarnya pada teman-teman yang tidak akan pernah ia lupakan seumur hidupnya. Jasmine pun tertawa dan menangis bersama mereka.

Buku ini saya liat di rak buku perpus sekolah saya beberapa hari lalu, dan selesai 2 hari setelah minjem.. Jujur pas liat sinopsis diatas yang saya bayangin di buku bakal nayangin episode-episode fiksi gitu(fantasi)
Saya kurang baca sinopsisnya..  Dan setelah baca seperempat buku baru nyadar itu sebenarnya tentang
kehidupan seorang anak remaja umur 16 tahun (langsung resensi yak?) bernama Jasmine yang berarti bunga melati, nama pemberian Bunda Meynar. Ia dinamai begitu karena saat ditemukan bunga melati sedang bermekaran, dan Jasmine suka namanya itu. Tak seperti namanya, dia anak kategori bandel mengingat dia sering mengisengi anak-anak panti tempat dia tinggal. Di sekolah, prestasinya cukup lumayan bahkan sangat bagus, sampai Diamantya atau panggil saja Tya merasa selalu tersaingi. Tya yang menjadi "pengejar prestasi" karena sang mama selalu saja mengejek Jasmine. Tya sendiri menjadi guru privat Novi, anak SD yang juga berprestasi. Kembali ke Jasmine(karena dialah sang tokoh utama =P) karena kenekatan Jasmine mencari kerja tanpa memberitahu Bunda Meynar, Jasmine jadi mendapat hukuman! Dia harus mengajar 100 jam di sekolah kolong (di bawah jalan tol)! Dengan enggan dia pun melaksanakan tugas itu.. Dia bertekad akan cepat melaksanakan tugas yang mungkin baru selesai selama sebulan itu...

Namun, tanpa sadar dia mulai menyukai "hukuman" itu...
Dia bertemu banyak anak-anak yang masih peduli akan pendidikan, dengan berbagai sifat yang beraneka ragam. Dia juga bertemu seorang mahasiswa yang menjadi pengajar sukarela disana bernama Arya, beberapa murid yaitu Bagas si "seniman terminal", Dul si preman, Lili, Desi, dan banyak lagi
Peristiwa demi peristiwa datang dan pergi mulai dari pengalamannya mengajar di sekolah kolong, tantangan Tya buat adu anak didik mereka, rencana penggusuran sekolah kolong, dan kemudian ulang tahun Jasmine tanggal 29 Februari..

Novel ini menyuguhkan kisah kehidupan anak jalanan, dan juga kasih sayang dan masih banyak lagi.. Berbeda dari novel lain yang hanya menyuguhkan cinta saja.. Bisa kalian cari dan baca buku nya =) karena sangat bagus..Recomended!

Oli_Lizzy :3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...