Pages

Saturday, May 4, 2013

Bakuman vol.1

Halo semua~! Balik lagi dengan saya dan kali ini menyambut ulang tahun m&c! yang kesepuluh, saya membuat review salah satu komik m&c! yang juga baru keluar.. Bakuman!


Judul komik: Bakuman
Mangaka: Tsugami Ohba (cerita); Takeshi Obata (gambar)
Penyunting: Gupta Mahendra
Alih Bahasa : Arswini Rosita
Genre: slice of life, romance, shounen
Jumlah Halaman: 192 halaman
Sinopsis Cover:
Karya Mangaka pembuat Death Note! 
Demi meraih kesuksesan yang cuma dirasakan segelintir orang, Moritaka Mashiro dan Akito Takagi meneguhkan tekad untuk mengarungi kerasnya persaingan dunia manga!
Mashiro yang punya kemampuan hebat dalam hal menggambar dan Takagi yang hebat soal cerita bersepakat untuk bekerjasama dan menorehkan legenda baru dalam sejarah manga!
///

Moritaka Mashiro (Saikou) adalah seorang siswa kelas 3 SMP yang pintar menggambar, banyak penghargaan yang ia raih saat kecil, bahkan saat SD, Saikou bercita-cita menjadi mangaka (komikus) berkat pengaruh pamannya, Nobuhiro Mashiro (nama pena: Tarou Kawaguchi) yang merupakan seorang komikus. Namun, sejak pamannya meninggal dunia akibat terlalu keras bekerja, impian Saikou menjadi mangaka pun pupus, dan Saikou menjadi orang yang tidak mempunyai ambisi untuk pekerjaannya nanti.


Sepulang sekolah, di hari sebelum mid tes, catatan Saikou yang didalamnya terdapat gambar sketsa teman perempuan sekelas yang disukainya, Miho Azuki yang ia gambar, tertinggal di kelas. Cemas teman sekelasnya yang lain melihat gambar itu, Saikou pun segera mengambilnya.  Saat didalam kelas, ternyata Saikou menemukan Akito Takagi (nantinya akan dipanggil Shuujin oleh Saikou), teman sekelasnya yang pintar dan pandai menulis sedang duduk di ujung kelas, memegang buku catatannya...

Shuujin kemudian berjanji untuk mengembalikan catatan Saikou dan merahasiakan bahwa Saikou menyukai Miho Azuki dengan satu syarat: bekerja sama dengannya untuk menjadi mangaka!

Apakah Saikou menerima tawaran Shuujin dan berjuang menjadi mangaka? Baca saja kisahnya di Bakuman~!

Pict Source here

Now, it's my own opinion about this comic :)

Pertama, komik ini keren bangeeetttt!! Bener lho... Artnya saya suka dan ceritannya tentang komik tidak terlalu monoton seperti komik-komik lain yang membahas mengenal komik juga.. (Mungkin karena saya lebih suka style shounen) Dan lagi, saya belum pernah baca komik ini secara online (#waduh) jadi ceritanya masih original di kepala saya..

Kedua, untuk format.. Translatenya oke, ada campuran inggrisnya dikit, sih, tapi.. masih bisa di mengerti kok.. Penempatan tulisan di balon dialog dan lainnya juga pas.. Cuma ada satu kesalahan peletakan tulisan dibalon dialog pada salah satu balon di bab kedua.. (Cari sendiri ya..) Tapi selepas itu semua format bisa dimengeti ;)

Untuk yang udah baca online, download, atau udah nonton animenya pun saya rasa harus beli ini kalo kalian ngaku sebagai penggemar komik.. Yup, walau harga komik udah naik, tapi gak ada salahnya beli komik ini.. Pengetahuannya ada, artnya oke, ceritanya juga bolehlah.. Sip buat dikoleksi dan menyegarkan ingatan kalian (lho, kok jadi promosi? :p *maap*)

Oia, review ceritanya yang saya tulis diatas masih belum apa-apa lho.. Baru permulaannya dari keseluruhan yang ada 7 bab dan selalu menggunakan kata 'and' untuk setiap judul.. :p 

Selain itu, ada selipan name Ohba-sensei dan Obata-sensei dalam membuat naskah komik ini.. Name itu bisa dibilang storyboard dalam dunia manga, bisa dibaca sendiri penjelasannya di komik ini atau googling yak..

Volume 2-nya juga sudah terbit silahkan dicek :D

Overall, 5 stars of 5 for this comic :))

///
Review ini saya buat dalam rangka ultah kesepuluh m&c! (seperti yang saya sebutkan diatas) berikut bisa dilihat infonya kalau ingin ikutan.. Bisa juga dilihat di facebok m&c! dan twitternya @mnccomics


Cao,
OL

1 comment:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...