Ther Melian: Revelation - Shienny M.S

Revelation (Ther Melian, #1)
Pict from here
Judul Buku: Ther Melian: Revelation
Penulis: Shienny M.S.
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: 2011 (cetakan 1)
Trailer Video:
http://www.youtube.com/watch?v=cyvf1PVKAyA


Review by Oli_Lizzy:  

"Untuk mendapatkan sesuatu yang kamu dambakan, kamu harus kehilangan sesuatu yang berharga bagimu. Itulah aturan main dunia ini." (Vrey) 

Revelation. Setelah saya cari artinya di kamus online (baca: sederet.com) artinya adalah wahyu;pencerahan;pembukaan;pembukaan rahasia. Sepertinya yang paling mendekati dengan buku ini adalah pembukaan. Kenapa begitu? Yup, karena buku ini merupakan buku pertama dari tentralogi Ther Melian (dan selain itu setelah saya lihat ada kok terjemahannya di halaman awal ;p))


Sebelum saya menulis reviewnya sepertinya ada baiknya saya menulis sebagian istilah yang ada dalam buku ini untuk memudahkan kalian membaca review saya:(sumber dari bukunya tentunya)
  • Ther Melian: Salah satu benua dari dunia Terra yang merupakan tempat tinggal tiga bangsa (Elvar, Manusia, dan Draeg)
  • Elvar: Ras tertua yang mempati benua Ther Melian sebelum Manusia datang.
  • Manusia: Para pendatang yang sekarang merajarela di benua Ther Melian. Terdiri dari beberapa bangsa.
  • Vier-Elv: Salah satu bangsa Ther Melian. Merupakan kaum yang terbentuk akibat perkawinan campuran antara Manusia dan Elvar. Bentuk fisik bangsa ini hampir menyerupai Elvar tapi ada juga yang seperti manusia 

Ther Melian: Revelation ini menceritakan tentang Vrey, seorang kaum Vier-Elv yang merupakan salah satu anggota dari kawanan pencuri Kucing Liar. Vrey sambil melakukan 'kewajiban' nya mencuri, diam-diam  Vrey juga mengumpulkan sayap-sayap Nymph, sebuah makhluk di tepi Hutan Telssier. Hal ini dia lakukan untuk membuat sebuah jubah yang diidam-idamkan setiap kolektor maupun pencuri bahkan orang lain, jubah yang konon hanya merupakan sebuah lagenda: Jubah Nymph. Hal mengenai kegiatan mengumpulkan jubah ini bahkan tidak diketahui teman-temannya di Kucing Liar, minus Aelwen, teman sekamar Vrey yang mau tidak mau mengetahui hal itu (mereka teman sekamar, ingat?) Saat Vrey berhasil mengumpulkan sayap-sayap Nymph yang dibutuhkan untuk membuat jubah Nymph, ada satu kendala. Vrey tidak bisa menyatukan sayap-sayap itu untuk dibuat menjadi jubah Nymph...

Disisi lain, di kubu Valadin, seorang ksatria Elvar yang terhormat mulai merencanakan sesuatu hal untuk membangkitkan kejayaan bangsa Elvar yang dahulu, jauh sebelum manusia datang dan boleh dikatakan menguasai benua Ther Melian. Dia mulai mengumpulkan orang-orang kepercayaannya seperti Laruen, Eizen, Ellanese, dan Kath untuk menjalankan misinya itu. Rencana Valadin ini bisa dibilang merupakan rencana yang terlarang yang melanggar hukum Elvar, membuat Valadin harus siap dengan segala konsekuensinya nanti bila ketahuan, bahkan rencana ini bisa membuatnya membunuh kaumnya sendiri...

Bagaimana nasib Vrey dan jubah Nymphnya? Apa juga sebetulnya rencana Valadin? Dan apa sebetulnya hubungan Vrey dan Valadin? Jawabannya bisa kalian simak di Ther Melian: Revelation ini :)

Okay, now it's my own opinion about this book...

Pertama kali, saya (jujur) tidak tertarik sama sekali dengan seri ini.. Promosinga kurang sich *plak*  Tapi, entah ada angin apa waktu itu, saya akhirnya tertarik beli buku ini..
First of all, covernya keren bangeeeeetttt!! Oia, buat yang belum tahu, yang ada di cover itu adalah Vrey dan Nymph yang disebutkan diatas..
Selain itu, didalam novel ini disetiap bab, ada ilustrasi yang membuat kita bisa membayangkan *begini toh si Vrey* atau *begini toh si Valadin* dst..
Cerita yang oke ;) Fantasi campur romance.. Saya jarang belum pernah baca fantasi Indonesia. Jadi, saya cukup mengapresiasi novel ini.. (Walau disayangkan tadinya mau dibuat format light novel tapi gak jadi)
Tadinya saya bisa dibilang kesal dengan sifat Vrey yang egois dan boleh dibilang agak kejam demi dirinya sendiri, tapi seiring waktu okelah.. Saya maafkan (no spoiler)
Kisah novel ini sendiri bisa dibilang dibagi menjadi kubu Vrey dan kubu Valadin. Akan kurang seru bila saya ceritakan disini, jadi baca saja ya ;) 
Diawal cerita, saya boleh dibilang kebingungan akan jalur cerita dan mulai bosan (bahkan ada istilah-istilah asing yang membuat saya bingung, untung ada 'kamus kecil' dibelakang novel ini) Tapi, ada kejutan-kejutan yang membuat saya bertahan membaca novel ini..
Endingnya menggantung.. Ya, saya ga terlalu memperhatikan endingnya karena dari awal saya tahu kalau ini tentralogi, jadi pasti terus bersambung..
Saya merekomendasikan ini untuk penggemar romance dan fantasi~ Tapisebetulnya enak dibaca siapa saja kok..  Novel ini berlanjut ke novel Ther Melian: Chronicle

And, I give 4 star of 5 for this book :D

OL

Comments

Popular posts from this blog

100 Jam - Amalia Suryani dan Andryan Suhari

Luna - Julie Anne Peters

Loves in Insa-Dong - Indah Hanaco