Pages

Monday, December 17, 2012

Lovasket - Luna Torashyngu

Yuhu~! Balik lagi setelah sekian lama off.. Kali ini review buku teenlit: Lovasket.. ^^
Photo by Oli_Lizzy

Judul Buku: Lovasket
Penulis: Luna Torashyngu
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Maret 2012 (cetakan ke-9)
Jumlah halaman: 312 halaman
Harga: Rp33.000  Rp24.750 (disc.25% :D)
Rating: 3.5/ 5
Sinopsis cover:

Hidup Vira hancur ketika ayahnya dituduh melakukan korupsi dan harus dipenjara. Mendadak Vira kehilangan harta benda, kedudukannya sebagai ketua geng The Roses, teman-teman, pacar, bahkan dia dikeluarkan dari sekolahnya, SMA Altavia, SMA paling elite di Bandung. Akibatnya Vira jadi mogok hidup, juga mogok main basket yang sebetulnya merupakan “hidupnya”.
Dia merasa tidak ada gunanya punya teman lagi, karena terbukti teman-teman hanya mendampinginya saat dia berada pada puncak hidupnya.

Niken adalah Ketua OSIS SMA 31, SMA kecil di pinggiran Bandung. SMA 31 memutuskan akan memangkas anggaran ekskul sehingga ekskul-ekskul yang tidak berprestasi akan dihapuskan. Ini jadi tugas besar bagi Niken: dia harus menyeleksi ekskul mana yang akan dipertahankan dan mana yang harus dihapus. Di antara dilema besar ini, Niken melihat salah satu cara untuk menyelamatkan ekskul basket. Mungkin kalau dia bisa membujuk murid baru itu untuk bergabung dengan ekskul basket, ekskul ini bisa selamat. Selain itu, mungkin Niken juga bisa membuat murid baru yang kelihatan depresi itu lebih ceria. Mungkin Niken bisa membuat Vira tersenyum lagi.... 



Vira, anak yang bisa dibilang berkuasa di SMA Altavia. Ayahnya merupakan pejabat yang penting di sebuah bank, Vira juga jago dan berperan penting dalam tim basket putri SMA Altavia, dia juga merupakan ketua geng "The Roses" yang terkenal di sana beranggotakan murid-murid yang disegani: Stella, Amel, dan Lisa. Vira bahkan dekat dengan Robi, ketua tim basket putra.

Semua mendadak berubah ketika ayahnya dituduh melakukan korupsi di banknya. Teman-temannya menjauhinya. Niken menendangnya dari "The Roses" dan juga klub basket. Semua tidak ada yang berpihak pada Vira. Akibat hartanya disita, Vira dan ibunya pun pindah ke pinggiran kota Bandung, dan Vira bersekolah di SMA 31.
Disisi lain, ketua OSIS SMA 31 dan kebetulan juga merupakan tetangga Vira, Niken, sedang kesulitan untuk mempertahankan eksul-ekskul disekolahnya, karena anggaran sekolah yang terbatas untuk semua ekskul. Niken dipihak yang sangat merasa bersalah karena di ekskul basket, ada  Rei, teman masa kecilnya, membuat Niken merasa harus menyelamatkan ekskul basket.
Kebetulan, Niken mengetahui bahwa Vira sebetulnya jago basket. Niken pun mencoba membujuk Vira yang sejak pindah ke SMA 31 itu menjadi pemurung, agar membantu ekskul basket.
Apakah usaha Niken berhasil? Dan apa yang akan terjadi pada ekskul yang lain?

Novel yang oke dari Kak Luna Torashyngu.... Tapi kenapa saya cuma kasih rating 3.5?
Mungkin karena saya kurang suka basket... (Pliss, jangan gebukin saya!!!) Konfliknya kalau saya baca beberapa tahun lalu mungkin masih fresh, tapi saya bacanya sekarang jadi udah bisa ketebak dan umum.   Hiks.. Maaf ya, Kak Luna... Tapi, dibalik itu, plot novel ini amat bagus, Kak Luna bisa menjalin semuanya dengan baik. Untuk pecinta basket, ni novel bener deh 75% nya basket! pasti oke banget dan tentunya isinya khas teenlit~ Silahkan dibaca, masih ada lanjutanya lho.. Di Lovasket 2 dan Lovasket 3..

Safe and Sound.OL

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...