Pages

Sunday, January 10, 2016

Love Mate: Kalau Monyet Jatuh Cinta & Notice

 












 
Source here
Judul Buku: Love Mate: Kalau Monyet Jatuh Cinta & Notice
Cerita & Gambar: Sweta Kartika, Annisa Nisfihani
Penerbit: Pastel Books (Mizan Group)
Tahun Terbit: 2015 (cetakan pertama)
Jumlah Halaman: 104 halaman

Sebelumnya, Selamat Tahun Baru! Agak telat, tapi gak apa-apa ya? Hahaha. (Masih tidak percaya udah 2016 sekarang, btw)
.
Di postingan pertama ini, saya akan memberikan ulasan singkat saya akan komik yang sebetulnya sudah saya baca di tahun 2015 lalu. Komik ini merupakan proyek baru dari Pastel Books, bernama Love Mate. Ada 2 judul cerita lepas dalam bentuk komik buatan duet komikus asal Indonesia, yang masing-masing berkisah tentang cinta masa muda. Saya akan bahasa satu persatu ;)

1. Kalau Monyet Jatuh Cinta - Sweta Kartika

 
"Hai, aku Juna. Di sekolah ini, aku jadi cowok favorit buat para murid cewek. Bukan karena aku keren. Tapi karena aku seorang pendengar yang baik."

Kalau Monyet Jatuh Cinta berkisah tentang kilas balik Juna pada masa SMAnya. Juna merupakan sosok yang sering di datangi oleh murid perempuan di sekolahnya yang ingin curhat. Juna ini adalah tipe yang "sering memberikan nasihat cinta, tapi masih tetap single". Diantara yang lain, Juna dekat dengan 2 orang teman perempuannya, yakni Angie dan Sita. Juna sering sekali membantu Sita dalam menghadapi pacar-pacarnya. Belakangan ada serangkaian perubahan yang mengisi tahun akhir Juna di SMA...
.
Saya tidak mau terlalu banyak memberikan ringkasan. Seperti biasa, saya selalu suka cara Kak Sweta Kartika dalam menuturkan ceritanya. Baik itu gambar, panel, efek, serta goresannya saya suka. Kisahnya agak tidak dapat diduga, manis serta bikin banjir feels.

Bisa langsung dibaca aja kalau yang penasaran. Ohya, latar waktunya juga sepertinya masih awal tahun 2000an. Terlihat dari penggunaan telepon genggam jadul, kaset, warung telepon, serta binder. Bikin nostalgia.

Bisa juga cek link ini. Tulisan Kak Sweta yang udah agak lama, yang sepertinya jadi dasar dibikinnya komik ini. Ketemu pas sedang nyari-nyari tentang komik ini.

2. Notice - Annisa Nisfihani

 "Ah, iya.. Ini.. Pulpennya, dan .. sekalian deh! Aku suka sama Kak Erina! .. Itu aja."

Notice menceritakan tentang Erina, siswi SMA kelas 3 yang sedang sibuk-sibuknya dalam persiapan untuk menghadapi ujian akhir dengan segala les dan try out. Erina yang fokus, tidak sempat memikirkan lagi soal percintaan. Apalagi, sebelumnya, kisah cinta Erina sempat berjalan kurang mulus. Tiba-tiba saja, di saat pulpennya jatuh, sosok adik kelas yang mengambilkan pulpennya tersebut, malah menembaknya! Awalnya Erina berusaha untuk tidak memerdulikannya, tapi lama-kelamaan dia jadi memperhatikan sosok itu..
.
Sama kayak Kak Sweta, saya suka sama penyajian Kak Annisa. Gambar, cerita, stylenya saya suka. Apalagi 'doki-doki'nya yang bertebaran, pas buat fangirling sama guling-guling. Tak lupa, Kak Annisa sepertinya selalu memanjakan penggemar yang terutama kaum hawa, dengan cowok yang cakep dan sekali lagi buat pas buat fangirling sama teriak-teriak.. Kisahnya mudah ditebak, tapi tetap saja bikin kita penasaran akan akhirnya. Sayangnya, akhirnya agak kurang mulus di halaman akhir. Tapi tetap saja, tidak mengurangi doki-dokinya kok #plak

Kesan
Saya pertama kali tahu komik ini dari facebook Kak Sweta dan Kak Annisa, dan langsung saja saya segera cari dengan semangat di toko buku. Setelah dengan agak mencari, saya akhirnya menemukan bukunya. Dan kesan saya adalah.. Komik ini lebih tipis dari dugaan saya.. #abaikan.
Tapi disamping itu, penyajian komik ini bagus. Sama seperti komik lokal biasanya, kertasnya lebih tebal dari komik terjemahan biasa. Selain itu, ada yang unik. Seperti sampul atas, post ini, ada sampul yang terbalik bukan? Nah, penyajiannya seperti itu juga dalam komik ini. Antara satu judul dan lainnya dibedakan dengan beda arah halaman antara bagian satu dan lainnya. Lucu ya.

Komik ini sendiri komik pertama dari seri Love Mate. Saya berharap masih akan ada lagi judul lain dari seri ini. Mari kita tunggu dengan sabar sambil membaca komik ini :3 


4 bintang buat kisah cinta di SMA
Ohya, beberapa hari lagi saya akan post revolusi saya di 2016!
Kedepannya sepertinya saya akan lebih banyak membahas komik (komik Indonesia terutama, mudah-mudahan).

Saya rasa saya masih belum maksimal dalam mengulas dan banyak opini pribadi, serta kurang foto. Mohon bantuannya ya agar bisa lebih baik lagi. Kritik saran diterima xD



6 comments:

  1. Wahhh penasaran XD
    Kayaknya komik ini pas buatku deh, yang terjebak nostalgia xD

    ReplyDelete
  2. Jadi itu 1 buku 2 cerita ya??
    em kalau mau beli secara online dimana i ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas ya..
      Iya satu buku itu 2 cerita. Beli secara online bisa di web yang jual buku atau bisa juga setauku di email Mas Sweta (bisa dilihat di facebooknya ;))

      Delete
    2. Pengen pesenya di web mana??
      Atau facebook nya :)

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...